Dinas Permukiman dan Perumahan

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Peresmian Apartemen Transit di Wilayah Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meresmikan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) ataupun Apartemen Transit Sementara di Rancaekek Kabupaten Bandung, pada hari ini, Selasa (29/12/2015). Apartemen Transit Sementara ini salah satu dari empat apartemen transit yang dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Yang lainnya berada di Solokan Jeruk (Kabupaten Bandung), Ujungberung (Kota Bandung), dan Batujajar (Kabupaten Bandung Barat) total Jumlah rumah hunian di 4 lokasi tersebut mencapai 1.000 unit.

Sebagaimana diketahui bahwa Provinsi Jawa Barat adalah provinsi yang memiliki potensi dan permasalahan perumahan terbesar di lndonesia. Saat ini Jawa Barat masih mengalami backlog atau kekurangan ketersediaan perumahan terbesar di lndonesia, yaitu sekitar 1 juta unit rumah. Di sisi lain wilayah Provinsi Jawa Barat sudah menjadi salah satu tambang emas bagi investasi proverty, baik untuk hunian maupun untuk proverty sector komersial seperti ruko dan perkantoran Jawa Barat memiliki jumlah pekerja/buruh yang sangat besar.

Dengan jumlah buruh/pekerjan yang besar tersebut, tentunya berimplikasi pada kebutuhan hunian yang layak dan terus meningkat. Kondisi perumahan buruh di Jawa Barat masih memiliki banyak masalah. Bagi buruh memiliki rumah yang layak masih seperti"mimpi". Untuk mewujudkan mimpi tersebut, tak sedikit pekerjalburuh harus menjalani kehidupan setengah "puasa" sebagai upaya menghemat agar dapat mengkridit rumah yang dapat ditempati bersama istri dan anaknya sebagai simbol kesejahteraan dan kemandirian.

Di Provinsi Jawa Barat, untuk menyediakan rumah layak dan terjangkau untuk pekerja industri/buruh, terutama di lokaoi yang berdekatan dengan tempat kerja para buruhlpekerja industri merupakan satu tantangan sendiri, terutama karena keterbatasan lahan dan harga lahan yang tinggi.

Untuk itu pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong kebijakan hunian vertical menjadi pilihan. Hunian yang berupa Rusunawa, dimana di Provinsi Jawa Barat dinamai dengan APARTEMEN TRANSIT.

Dalam Rangka Hari Bakti PU, Dinas Permukiman Dan Perumahan Gelar PORSENI

Bandung – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat H. Iwa Karniwa, SE. Ak.,MM.,CA,PIA, membuka Pekan Olahraga dan Seni untuk memeriahkan peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (HARBAK PU) ke-70 tahun 2015 di Bandung, Senin (16/11).
Dalam sambutannya Sekda Jabar mengatakan “kegiatan ini untuk menggugah semangat heroisme, rasa solidaritas dan kekeluargaan di kalangan pegawai PU”.
Dengan mengambil tema “BANGUN INFRASTRUKTUR UNTUK NEGERI” diharapkan acara pekan olah raga ini lebih meningkatkan kekompakan dan kesolidan kita serta mempererat tali silaturahmi diantara pegawai di bidang pekerjaan umum, sehingga dengan kekompakan dan kesolidan ini mampu meningkatkan kinerja kita di bidang pekerjaan umum.

Last Updated on Thursday, 31 December 2015 12:20 Read more...

Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Rusun Dengan Teknologi Pra Cetak

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan siap mempercepat pembangunan rumah susun dengan penggunaan teknologi pra cetak. Adanya penggunaan teknologi pra cetak tersebut diharapkan mampu mempersingkat waktu pengerjaan Rusun sehingga mampu mendukung program sejuta rumah untuk masyarakat.

“ Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR ke depan akan terus berupaya agar program sejuta rumah bisa dilaksanakan dengan cara yang cepat, berkualitas namun dengan harga yang murah. Dan hal itu bisa dilaksanakan dengan penggunaan teknologi pra cetak,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin kepada sejumlah wartawan saat menghadiri kegiatan Konferensi Pracetak dan Prategang Concrete Show SEA 2015 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Syarif, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) kebutuhan rumah di Indonesia terus mengalami peningkatan dan tahun ini diperkirakan sudah mencapai angka 13,5 juta unit. Dan setiap tahun kebutuhan rumah masyarakat mencapai angka 800.000 unit, sedangkan rumah yang bisa dibangun oleh pemerintah, pengembang dan masyarakat berkisar pada angka 400.000 unit saja.

Last Updated on Thursday, 05 November 2015 08:06 Read more...

Waduk Jatigede Waduk Terbesar kedua di Indonesia

Waduk Jatigede mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat setempat yaitu dapat mengairi irigasi masyarakat seluas 90 ribu ha, penyediaan air baku bagi 100 ribu KK untuk air bersih dengan target layanan Kabupaten Cirebon, Indramayu dan Kawasan Balongan dengan kapasitas 3500 lt/det dan PLTA sebesar 110 MW, pengendalian banjir. Pembangunan waduk tersebut juga memiliki fungsi strategis dalam upaya optimalisasi pendayagunaan  sumber daya air. Pendayagunaan Waduk Jatigede meliputi beberapa aspek yaitu penggunaan sumber daya air untuk pemenuhan kebutuhan air, penggunaan sumber daya air untuk budidaya lahan pertanian (sawah dan tambak) dan penggunaan air untuk pembangkit energi. Dan yang tak kalah pentingnya adalah sebagai obyek wisata.Waduk yang telah direncanakan pembangunannya sejak tahun 1963, adalah salah satu upaya menamah persediaan air.

 

Last Updated on Thursday, 05 November 2015 08:07 Read more...

Waduk Jatigede Akan Diairi Awal Agustus 2015

Permasalahan dampak sosial telah selesai di Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, rencananya akan dilakukan pengisian air pada awal  Agustus 2015 mendatang. “Pengisian air waduk  memerlukan waktu selama 7 bulan atau 219 hari “ kata Dirjen Sumber Daya Air PUPR Mudjiadi, akhir pekan lalu di Sumedang, Jawa Barat.

Dikatakan, Waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua setelah Waduk Jatiluhur di Purwakarta yang memiliki daya tampung air sebesar 980 jta M3. Menurutnya,  manfaat utama waduk Jatigede bisa mengairi persawahan hingga 90.000 hektar, sumber air baku dengan kecepatan 3,5 kubik per detik. Air baku ini bisa digunakan untuk kepentingan wilayah di Sumedang, Majalengka, hingga ke Cirebon.

Last Updated on Tuesday, 01 September 2015 11:36 Read more...

Page 1 of 45

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »
You are here